GILI TRAWANGAN
 
 
 

GILI TRAWANGAN

 

Gili Trawangan - Lombok

 Posted by the99top on September 27, 2011 at 11:55 PM

Beberapa hari yang lalu saya dikasih kesempatan untuk mengunjungi Pulau Gili Trawangan - Pulau Lombok oleh salah satu perusahaan di Pulau tersebut. Saya berangkat pagi sekali sekitar jam 3 pagi karena pesawat saya terbang pukul 06.00. Tiket kami kami adalah tujuan airport Selaparang - Mataram. Sesampai di Mataram saya naik taxi menuju Bangsal ( Pelabuhan kecil menuju Gili Trawangan ). Dengan tarif hanya Rp.115RB pakai taxi dari airport ke Bangsal. Untung Sopir taxi, Pak akhmad ( dulu penah kerja di Batu Plaza ) mengantar saya dengan sopan dan bahkan kami hanya bayar 100RB menuju pelabuhan tersebut.


Bayangan saya Pelabuhan Bangsal adalah pelabuhan besar seperti di Gilimanuk - Ketapang dan pakai ferry, ternyata saya harus naik perahu kecil untuk menuju Gili Trawangan dengan tiket Rp.10.000/orang. Uniknya untuk naik perahu tersebut tiketnya berbeda beda warnanya tiap perahu, untuk memudahkan pengaturan penumpang dan kapasitas penumpang. Saya mendapaan tiket warna hijua dan menunggu giliran setiap kurang  lebih 20 menit.


Dalam penyebarangan suasana alam sangat terasa sekali, pas melewati Pulau Gili Air angin berhembus kencang dan ombak membesar, semua penumpang yang ada diperahu terutama ibu ibu banyak yang pucat. Ombak yang besar tidak mengurangi keindahan alam di Pulai tersebut. Perjalanan menuju Gili Trawanga kurang lebigh 50 - 60 menit.


Sesampai di Pulau Gili Trawangan, pemandangan sudah sangat beda sekali , disana banyak bule yang berkeliaran sepanjang pantai ( Central ). Untuk alat transportasi di Pulau tesebut hanya ada CIDOMO ( semacam dokar ) saja dan sepeda angin, tidak ada Mobil dan tidak ada Sepeda Motor. Jadi suasanyan bener back to Nature. Tarif Cidomo Rp.75.000/ sekali jalan.


Dahulunya pulau ini pernah dijadikan tempat pembuangannarapidana. Pada waktu itu karena semua penjara sedang penuh, raja yang waktuitu berkuasa membuang 350 orang pemberontak Sasak ke pulau ini. Baru sekitartahun 1970-an pulau ini dikunjungi penduduk dari Sulawesi yang kemudian menetapdi sini.


Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah baratlaut Lombok.Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di ataspermukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timurpulau ini.


Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapatkendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Saranatransportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untukpara wisatawan) dan cidomo,kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dariketiga gili itu, penduduk biasanyamenggunakan kapal bermotor danspeedboat.



 

 

 
 
 
the99top.com