Home > Supervisory
 
 
 

Supervisory

Pandangan Umum

     Sebagai seorang supervisor anda memiliki tanggung jawab sebagai seorang pemimpin. Anda adalah Boss dari para karyawan. Anda diharapkan bisa memberikan arahan-arahan kepada mereka dan mereka diharapkan bisa mengikuti arahan-arahan anda. Bagaimana hubungan baru anda berpengaruh terhadap pekerjaan mereka ? Pekerjaan mereka ? Kesuksesan Perusahaan ?

Orang sering menggunakan istilah  “Supervisor” dan “Leader/Pemimpin” seolah-olah kedua kata-kata tersebut sama. Tapi sebenarnya tidak. Ketika anda di promosikan untuk menjadi Supervisor, tidak secara otomatis anda menjadi seorang leader/pemimpin. Seorang Supervisor bisa saja memaksa karyawannya untuk melakukan pekerjaan mereka; seorang pemimpin memberikan inspirasi dan menuntun mereka. Kepemimpinan berarti mempengaruhi orang lain untuk bekerja sesuai dengan rencana.

Tidak seorangpun dilahirkan sebagai seorang pemimpin, tapi kebanyakan dari kita bisa belajar untuk menjadi pemimpin. Didalam buku kerja ini kita akan membicarakan hal-hal yang akan membantu anda menjadi seorang pemimpin yang baik, bagaimana  menggunakan posisi kepemimpinan anda dan kemampuan kepemimpinan anda, berbagai gaya kepemimpinan dan bagaimana supaya bisa tegas.

Ciri  Sifat  Pemimpin

    Hal-hal berikut ini telah dikenal sebagai sifat kepemimpinan. Yang mana yang dimiliki oleh Boss terbaik anda ? Menurut anda yang mana yang anda miliki ?

1.      1. Keinginan yang kuat untuk berhasil ( Strong Desire to Succeed )

Seorang pemimpin yang baik tahu bahwa suatu keinginan yang kuat untuk sukses adalah penting untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang sulit. Anda membutuhkan energi dan ketahanan.  Anda harus memikirkan/menyelesaikan masalah-masalah menganalisa gagasan-gagasan dan anda mungkin akan bekerja dengan jam kerja yang lebih lama dari pada sebelum anda menjadi seorang supervisor. Jika anda ingin menjadi seorang pemimpin anda harus rawat / menjaga diri anda sendiri. Olahraga secara teratur, makan dengan gizi yang seimbang dan tidurlah yang cukup.

2.      2. Pendidikan ( Education )

Seorang pemimpin yang baik tahu bahwa pendidikan itu penting. Anda tahu bahwa gagasan-gagasan yang akan diberikan lebih bisa diterima jika anda memahami apa yang anda bicarakan dan memiliki kemampuan menjalankan semua lingkup pekerjaan anda. Jika anda ingin jadi seorang pemimpin, bacalah majalah business,hadiri seminar-seminar yang diadakan oleh organisasi anda. Ikuti kursus-kursus di lembaga pendidikan.

3.      3. Adil dalam memberi keputusan ( Good Judgment )

Pemimpin yang baik harus mempunyai pandangasn yang baik. Ini berarti melihat berbagai semua tindakan yang memungkinkan dan kemudian pilih salah satu yang tepat. Berpandangan yang baik sering menggunakan akal (pikiran) sehat dan mengutamakan kecerdasan.

4.      4. Empati ( Empathy )

Seorang pemimpin yang baik memiliki empati : Kemampuan untuk memahami bagaimana perasaan orang lain. Seorang yang empatik memiliki “ Skill manusia”. Ini berarti peduli dan bergaul dengan orang lain . Pikirkan tentang individu-individu yang anda kagumi dan cobalah untuk meniru kemampuan – kemampuan mereka yang positif. Bersikap rendah hati terhadap para karyawan anda dan perlakukan mereka sebagaimana anda ingin diperlakukan.

5.      5.Rasa percaya diri ( Self-confidence )

Seorang pemimpin yang baik merasa memiliki rasa percaya diri. Jangan khawatir tentang kegagalan. Anda merencanakan untuk  sukses dengan jalan pencapaian kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan anda setiap hari dan dengan menentukan tujuan untuk masa depan. Jika anda ingin menjadi seorang pemimpin, tentukan tujuan dan target-target jangka pendek yang anda yakin anda bisa mencapainya. Buatkan rencana berikutnya (cadangan ) apabila rencana semula  ( sebelumnya ) tidak dapat terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan. 

6.      6. Kreatif dan inovatif ( Creativity and Inovative )

Seorang pemimpin yang baik menggunakan kreatifitas dan memiliki cara untuk memikirkan rencana kegiatan-kegiatan yang baru. Terbukalah untuk menerima cara-cara yang lebih baik untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Dorong karyawan anda untuk memberikan gagasan-gagasan mereka dan berikan kepada mereka suatu penilaian yang baik jika anda menggunakan gagasan-gagasan mereka.

7.      7. Antusias dan optimis ( Enthusiasm and Optimism )

Seorang pemimpin yang baik memiliki banyak energi dan bersikap positif. Bersemangat, memotivasi diri anda sendiri dan juga kepada orang lain. Berpenampilan yang meyakinkan. Sering tersenyum. Menciptakan suasana yang nyaman dan kemudian jujurlah dalam mengekspresikan perasaan-perasaan yang bagus itu. Apa yang anda rasakan didalam diri anda itulah yang akan anda tampilkan


KEKUATAN ( POWER )

Sebagai seorang pemimpin anda bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi ketika anda sedang bertugas. Untuk mempengaruhi orang lain anda harus menggunakan orang, jangan bertindak sebelum mereka punya alasan. Seringkali alasan itu adalah kekuatan sebagai seorang supervisor. Tanpa orang anda tidak bisa memimpin, tapi tidak semua orang bisa menggunakan kekuatan dengan benar. Ketika kekuatan digunakan dengan cara yang salah, karyawan menjadi marah dan bertindak dengan cara yang bisa membahayakan asset perusahaan.

JENIS-JENIS KEKUATAN

Ada dua jenis kekuatan :  Kekuatan pribadi dan Kekuatan karena Jabatan. Para ahli setuju bahwa Supervisor yang efektif harus belajar menggunakan kedua jenis kekuatan itu.

KEKUATAN PRIBADI

Adalah kemampuan untuk menyuruh orang bertindak karena mereka perlu, bukan karena mereka harus / terpaksa. Tindakan itu datang secara sukarela dari teman-teman kerja dan karyawan.

Kekuatan Pribadi anda bisa berhasil jika para karyawan melakukan pekerjaannya karena :

1. Anda telah berhasil mendapatkan respek dari mereka / karyawan dan mereka        setuju dengan anda.

2. Mereka mengagumi kehebatan keahlian anda, karena memiliki keahlian khusus.

KEKUATAN KARENA JABATAN

adalah mencakup kemampuan anda untuk meminta orang lain bertindak karena jabatan anda. Pada kebanyakan perusahaan kekuatan ini dimulai dari level management paling atas dan didelegasikan kebawah melalui rantai komando sampai ke posisi supervisor. Dengan demikian maka Kekuatan Jabatan anda itu berhasil bilamana para karyawan melakukan pekerjaan mereka karena :

  • 1.    Mereka mengetahui / mengakui jabatan anda di dalam perusahaan
  • 2.   Mereka mengharapkan penghargaan berupa kenaikan gaji, promosi, surat penghargaan dll.
  • 3.    Mereka takut dikritik, dipecat, diturunkan jabatannya
  • 4.  Mereka tahu bahwa anda bisa berhubungan dengan orang yang bisa memberikan keuntungan kepada mereka di kemudian hari.






  99top1

 
 
 
the99top.com